Continuing Professional Education (CPE)

Oleh: Ayun Editor : Mahar Istilah CPE sering kita dengar dalam sebuah penyelenggaraan workshop, seminar atau kegiatan akademis lainya, namun bagi beberapa orang belum mengetahui

DASAR-DASAR AUDIT BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Di era globalisasi saat ini perusahaan dituntut untuk lebih efektif dan efisien dalam menjalankan bisnisnya, era dimana hampir semua perusahaan sudah menggunakan sistem komputer dalam

REMOTE AUDITING – THEORY AND PRACTICES

Dengan situasi sekarang ini dalam masa pandemi, operasi perusahaan harus tetap dilakukan, begitu juga audit terhadap operasi perusahaan tersebut. Adapun situasi yang berkembang di Indonesia

DATA ANALITIK UNTUK AUDITOR INTERNAL

Pertumbuhan jumlah data terus bertambah seiring dengan laju pertumbuhan pengguna perangkat digital. Salah satu pemicu pertambahan jumlah data tersebut antara lain bertumbuhnya perangkat mobile serta

CONTINUOUS AUDITING/MONITORING

Lingkungan audit internal saat ini semakin menantang; proses bisnis terus berubah dengan cepat untuk dapat bereaksi terhadap situasi pasar. Kepatuhan terhadap peraturan, tata kelola dan

AUDIT ATAS FUNGSI PROCUREMENT

Aktivitas pengadaan barang/jasa merupakan aktivitas pendukung yang utama terhadap proses bisnis organisasi baik di sektor swasta dan BUMN serta instansi pemerintah. Pada sektor swasta, aktivitas

QUALITY ASSURANCE FUNGSI AUDIT INTERNAL

Organisasi dengan proses internal yang tumbuh dan berubah mengikuti perkembangan dinamika lingkungan bisnis, harus memastikan kualitas yang konsisten. Organisasi harus memiliki komitmen untuk pertumbuhan dan

INTEGRATED RISK BASED INTERNAL AUDITING

Selama beberapa tahun terakhir, kebutuhan untuk mengelola risiko telah diakui sebagai bagian penting dari praktik tata kelola yang baik. Ini telah menempatkan organisasi dibawah tekanan

STANDAR AUDIT INTERNAL & KODE ETIK PROFESI

Kelangsungan organisasi ditengah turbulensi bisnis sebagai akibat gejolak global ekonomi sekarang ini, mengakibatkan manajemen harus bekerja ekstra dalam mengelola organisasi. Untuk mengatasi kondisi ini manajemen