Manajemen risiko kecurangan merupakan proses yang dilakukan dengan tujuan untuk mengelola ancaman risiko dan meminimalisir risiko yang timbul dari kasus potensial dan aktual mengenai penipuan di perusahaan. Penerapan risiko penipuan diharapkan dapat meningkatkan sistem pencegahan, pendeteksian, dan investigasi perusahaan sehingga dapat mencegah dan mengatasi kecurangan.
Pengendalian risiko kecurangan memerlukan partisipasi dari seluruh pihak manajemen perusahaan, mulai dari pimpinan manajemen sampai bagian operasional manajemen. Setiap risiko kecurangan berbeda dalam skala dan jenis sehingga memerlukan pengendalian yang berbeda sesuai dengan skala dan jenisnya masing-masing. Pelaksanaan manajemen risiko kecurangan membutuhkan perubahan dan proses siklus yang berulang dalam mengidentifikasi dan menilai risiko atas kesenjangan pencapaian tujuan organisasi. Penilaian atas risiko kecurangan dianggap sebagai alat yang efektif untuk pencegahan fraud dan karena dengan sarana ini dapat meningkatkan kompetensi auditor dalam mencari, mendeteksi dan mencegah kecurangan.
TUJUAN DAN SASARAN PROGRAM WORKSHOP
- Mengidentifikasi, memahami dan menanggapi risiko fraud dalam suatu perusahaan.
- Memahami pembuatan program untuk mendeteksi, menghentikan, dan mencegah fraud internal dan eksternal pada perusahaan.
- Diharapkan peserta mampu untuk memahami tentang fraud risk management dan anti-fraud program.
- Merekomendasikan tindakan perbaikan dalam rangka memitigasi terjadinya risiko fraud dikemudian hari.