Sertifikasi QGIA

Qualified Government Internal Auditor (QGIA) merupakan sertifikasi profesi dibidang audit internal pemerintah yang dikeluarkan oleh Dewan Sertifikasi QGIA. Sertifikasi QGIA merupakan pengakuan atas keahlian dan kualitas profesional individu dibidang audit internal pada sektor pemerintah.
Beberapa manfaat sertifikat QGIA adalah:

  1. Bagi individu pemegang sertifikat QGIA, merupakan pengakuan atas pengetahuan dan keahlian dibidang audit internal dan tata kelola sektor publik.
  2. Bagi fungsi audit internal, dengan memiliki auditor internal bersertifikat QGIA, dapat meningkatkan kualitas pekerjaan audit, kapabilitas audit internal, kredibilitas, dan nilai tambah organisasi.
  3. Bagi institusi pemerintah, dapat memperoleh hasil audit internal yang bermanfaat dan efektif untuk memperbaiki pengendalian internal, manajemen risiko dan tata kelola organisasi di lingkungan pemerintah.

Program sertifikasi QGIA ditujukan bagi manajemen (pejabat struktural) organisasi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan pejabat fungsional auditor pada APIP. Pihak di luar APIP yang memenuhi persyaratan juga dapat mengikuti program Sertifikasi QGIA. Ujian Sertifikasi QGIA terdiri atas dua bagian yang memuat pengetahuan dan keahlian yng dibutuhkan oleh auditor internal pemerintah.

 

MATERI PELATIHAN QUALIFIED GOVERMENT INTERNAL AUDITOR (QGIA)

BAGIAN 1
KEAHLIAN FUNDAMENTAL

(Durasi Pelatihan 5 hari + 1 Ujian)

  • Konsep Dasar Audit Internal Pemerintah
  • Penugasan Audit Internal Pemerintah
  • Audit Teknologi Informasi
  • Manajemen Keuangan Pemerintah

BAGIAN 2
KEAHLIAN MANAJERIAL

(Durasi Pelatihan 5 hari + 1 Ujian)

  • Pengelolaan Audit Internal
  • Konsep & Teknik manajemen Pemerintah
  • Keahlian Personal Auditor Internal Pemerintah
  • Tata Kelola, Manajemen Risiko & Pengendalian Internal Pemerintah

Kedua bagian tersebut berdiri sendiri, tidak harus berurutan. Peserta dapat mengikuti pelatihan dan ujian untuk dua bagian tersebut dalam waktu berurutan, ataupun secara tidak berurutan (dalam periode waktu yang berbeda). Bentuk soal adalah pilihan berganda (multiple choice), dengan ujian berbasis komputer atau Computer-base Test (CBT)