QUALITY ASSASSMENT: EVALUATING INTERNAL AUDIT EFFECTIVENESS (QA)

Kualitas merupakan sesuatu yang harus dapat diwujudkan oleh masing-masing organisasi dalam produk atau jasa yang dihasilkannya. Fungsi audit internal sebagai bagian dari organisasi harus memberikan dukungan, baik dalam bentuk assurance maupun advisory dalam tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian internal, agar organisasinya dapat senantiasa menjaga kualitas produk atau jasanya. Di sisi lain, fungsi audit internal sebagai suatu organisasi dalam lingkup tugasnya juga harus menjaga kualitas layanan yang diberikannya kepada para pemangku kepentingannya.

Kewajiban ini diartikulasikan dalam Standar Profesi yang mengharuskan Kepala Audit Internal (Chief Audit Executive) untuk menyelenggarakan Program Asurans dan Peningkatan Kualitas (Quality Assurance and Improvement Program). Sesuai Standar Profesi, program ini harus mencakup pemantauan berkelanjutan (on going monitoring), penilaian mandiri secara berkala (periodic self-assessment) dan penilaian eksternal (external assessment) setiap 5 tahun.

TUJUAN DAN SASARAN PROGRAM WORKSHOP

  • Peserta memahami konsep kualitas dan penerapannya dalam audit internal.
  • Peserta memahami kriteria kualitas dalam audit internal.
  • Peserta memahami dan mampu menerapkan teknik-teknik penilaian kualitas.