Search

AUDIT ATAS FUNGSI PROCUREMENT

Aktivitas pengadaan barang/jasa merupakan aktivitas pendukung yang utama terhadap proses bisnis organisasi baik di sektor swasta dan BUMN serta instansi pemerintah. Pada sektor swasta, aktivitas pengadaan barang/jasa pada umumnya terdiri dari pengadaan sarana dan prasarana pendukung yang akan digunakan dalam pelaksanaan proses bisnis utama perusahaan seperti alat tulis kantor, bahan material produksi, tanah dan bangunan, peralatan dan mesin-mesin, kendaraan, serta jasa-jasa baik jasa konsultan maupun jasa lainnya, seperti jasa cleaning services, jasa kurir, dll. Sementara di sektor publik yaitu instansi pemerintah, pengadaan barang/jasa, selain terdiri dari pengadaan sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi instansi pemerintah, juga terdiri dari pengadaan yang berupa pelaksanaan tugas utama pelayanan publik, seperti pembangunan jalan dan jembatan, pembangunan jaringan irigasi, pembangunan pasar, pembangunan gedung sekolah.

Selain merupakan aktivitas pendukung utama proses bisnis organisasi, pengadaan barang/jasa pada umumnya merupakan aktivitas yang memerlukan pengorbanan sumber daya organisasi (dana) yang besar dan signifikan. Oleh karena itu, pengambilan keputusan oleh pimpinan organisasi untuk melaksanakan aktivitas pengadaan barang/jasa merupakan pengambilan keputusan yang sangat strategis berdampak signifikan terhadap capaian kinerja organsasi. Oleh karena itu, pimpinan memerlukan dukungan data dan informasi yang handal untuk pengambilan keputusan tersebut.

Auditor Internal merupakan suatu profesi yang sangat penting dan strategis untuk mendukung pimpinan organisasi dalam proses pengambilan keputusan tersebut, melalui peran assurance dan consulting. Oleh karena itu, kompetensi dan kapabilitas internal auditor dalam melaksanakan perannya perlu selalu ditingkatkan dan dimutakhirkan untuk dapat memberikan informasi yang handal dan akurat kepada pimpinan.

Workshop ini dirancang dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas auditor internal dalam melaksanakan peran assurance dan consulting melalui pelaksanaan penugasan audit pengadaan barang/jasa. Metode pelatihan yang dilaksanakan dalam bentuk workshop ini diharapkan mampu mendukung peserta untuk mendapatkan wawasan terkini melalui kegiatan diskusi yang interaktif dengan narasumber serta antar peserta dari organisasi lain. Selanjutnya, melalui workshop ini pula akan memberikan waktu yang lebih banyak bagi peserta untuk meningkatkan keterampilan melalui praktik-praktik dan diskusi kasus penugasan audit yang dibimbing oleh instruktur.