Search

FRAUD RISK MANAGEMENT & ANTI-FRAUD PROGRAMS

Tanggung jawab Manajemen terhadap pengelolaan yang terutama adalah menjaga keberlangsungan hidup perusahaan dengan menciptakan nilai tambah bagi pertumbuhan Perusahaan. Dalam upaya itu Manajemen perlu mengenali dan memahami potensi risiko yang dapat menggagalkan Manajemen dalam mencapai tujuan Perusahaan. Banyak risiko yang dihadapi Manajemen yang dapat menggagalkan usahanya memperoleh laba bagi tercapainya pertumbuhan Perusahaan. Salah satu risiko yang paling mengancam tidak tercapainya tujuan adalah Risiko Fraud.

Saat ini tersedia berbagai instrumen bagi Manajemen untuk mengelola risiko terjadinya fraud. Akan tetapi hal yang sangat mendasar adalah sering ditemui bahwa Manajemen tidak aware, tidak paham dan ada juga yang tidak mau tahu tentang ancaman yang dapat ditimbulkan oleh adanya Risiko Fraud. Risiko fraud merupakan risiko yang signifikan yang dapat mengancam keberlangsungan usaha. Risiko Fraud juga dapat sangat berpengaruh pada kinerja dan laporan kinerja Perusahaan.

Fraud Risk Management Program (FRMP) merupakan alat yang efektif dalam mengendalikan adanya fraud. Bagi Manajemen setiap organisasi saat ini pemahaman atas FRMP adalah mutlak perlu. Pengabaian atas FRMP akan menimbulkan dampak yang serius bagi organisasi. Seluruh stakeholders juga wajib memahami tentang FRMP dan bagaimana FRMP diterapkan dalam satu organisasi dan seluruh stakeholders harus memahami peran masing-masing dalam mengelola fraud. Stakeholders ini mencakup pihak internal maupun internal perusahaan. Fraud yang berdampak besar bagi perusahaan adalah fraud yang dirancang dan dikerjakan bersama oleh Manajemen dengan pihak ketiga.

Mempertimbangkan hal tersebut CIAR-YPIA memandang perlu untuk menyediakan modul pelatihan Fraud Risk Management Program ini bagi para valuable customers dan mengadakan two-days workshop dengan topik “Fraud Risk Management Program”.